A. KEGIATAN AKADEMIK

1) Kegiatan Pembelajaran di Kelas
2) Kegiatan Pembelajaran di Laboratorium
3) Kegiatan Pembelajaran di Perpustakaan
4) Kegiatan Pembelajaran di Luar Kelas

Program layanan akademik dilakukan sesuai jenis ketunaan :
a. Tuna Netra

  • ¬†Layanan akademik didukung dengan alat pembelajaran yang dapat memperjelas pemahaman siswa terhadap apa¬† yang dipelajari
  • Media belajar audio melalui tape dan TV
  • Program Khusus Orientasi Mobilitas (dilakukan setiap pagi sebelum pelajaran pertama dimulai)

b. Tuna Rungu

  • Layanan pembelajaranan akademik menggunakan model MMR
  • Didukung dengaan multimedia
  • Layanan terapi wicara diberikan pada siswa yang memiliki kesulitan wicara

c. Tuna Grahita

  • Penekanan pembelajaran pada tiga M (membaca menulis, menghitung)
  • Kegiatan pembinaannya diutamakan pada life skill (kecakapan hidup)Di arahkan pada lima tata yaitu :
    1. Tata Rumah tangga
    2. Tata Kecantikan
    3. Tata Busana
    4. Tata Boga
    5. Tata lingkungan/ kebersihan
    d. Tuna Daksa
  • Layanan pembelajaran akademik sama dengan anak normal pada umumnya,dengan memperhatikan kondisi kelainan fisik siswa
  • Khusus siswa yang mengalami gangguan fisik tertentu diberi layanan fisioterapi dan hidroterapi setiap minggu 2 kali

e. Tuna Laras

  • Sementara ini belum memberi layanan, karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan demi keselamatan siswa lain

f. Autis

  • Layanan utama berupa terapi perilaku (behavior teraphy), baru setelah siswa mampu beradaptasi diberi layanan akademik.