PROFIL

SLB NEGERI JEPARA

 

  1. Latar Belakang SLB Negeri Jepara

SLB Negeri Jepara semula berasal dari SDLB Negeri RMP.Sosrokartono. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan pihak sekolah mengajukan usulan kepada pemerintah agar status SDLB ditingkatkan menjadi SLB. Hal ini dilakukan untuk mendukung progam wajib belajar 9 tahun khususnya bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kabupaten Jepara

Proposal yang diajukan sekolah disetujui pemerintah Kabupaten Jepara dan seterusnya ditindaklanjuti pembangunan Unit Sekolah Baru berupa pembangunan gedung sekolah, ruang ketrampilan, kantor dan shoorom lengkap dengan mebelair.

Setelah pembangunan selesai Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah menerbitkan Surat Keputusan Operasional penyelenggaraan pendidikan nomor :421.8/24687 tanggal 25 Juni 2007 tentang alih status SDLB Negeri RMP.Sosrokartono menjadi SLB Negeri Jepara.

Dengan terbitnya keputusan tersebut SLB Negeri Jepara diberi kewenangan menyelenggarakan pendidikan TKLB,SDLB,SMPLB dan SMALB untuk jenis ketunaan; Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Grahita, Tuna Daksa dan Autis.

  1. Kedudukan

SLB Negeri Jepara adalah lembaga pendidikan khusus yang menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kabupaten Jepara dan terbuka bagi anak dari wilayah lain baik dalam maupun luar Negeri. SLB Negeri Jepara merupakan sentra Pendidikan Khusus (PK) dan Pendidikan Layanan Khusus (PLK) dan satu satunya di kabupaten Jepara dibawah pembinaan dan pengawasan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Jepara.

  1. Tugas

SLB Negeri Jepara mempunyai tugas melaksanakan dan melayani pendidikan formal agi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sebagai tugas tambahan memberikan Pendidikan Layanan Khusus bagi anak di wilayah terpencil, korban bencana alam, dan sosial. Selain itu juga sebagai Pembina sekolah inklusi di Kabupaten Jepara

  1. Fungsi

SLB Negeri Jepara diberi tugas dan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan bagi anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mulai dari jenjang TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB untuk berbagai jenis ketunaan, yaitu:

  1. Tuna Netra
  2. Tuna Rungu
  3. Tuna Grahita
  4. Tuna Daksa
  5. Tuna Ganda
  6. Anak Autis

 Visi, Misi, dan Tujuan

Visi      : Melayani Anak Berkebutuhan Khusus agar dapat mengembangkan potensi diri,  beriman, berpengetahuan, terampil dan mandiri.

Misi     :

  1. Memberikan layanan terapi yang diperlukan sesuai kebutuhan dan kondisi siswa
  2. Mengembangkan potensi siswa dibidang seni budaya, olah raga, dan sains
  3. Membimbing siswa agar dapat melaksanakan ajaran agama, etika, dan norma hidup yang berlaku di masyarakat
  4. Membimbing siswa agar memiliki kecakapan hidup, keterampilan kerja, sesuai bakat dan minatnya.

Tujuan

  1. Memberi layanan terapi untuk mengurangi keluhan dan hambatan siswa agar dapat mengikuti pembelajaran
  2. Membimbing dan mendidik siswa agar dapat melaksanakan ajaran agama
  3. Membimbing siswa agar dapat mengembangkan potensi dirinya sehingga member manfaat bagi diri-sendiri maupun orang lain
  4. Membekali siswa agar memiliki kecakapan hidup dan keterampilan kerja sebagai bekal hidup mandiri