SLB Negeri Jepara – Seni Lukis menjadi salah satu keterampilan yang setiap tahunnya dilombakan baik di tingkat Provinsi Jawa Tengah maupun di tingkat nasional. Untuk mempersiapkan peserta didik dalam lomba keterampilan lukis dan sebagai program sekolah rujukan, SLB Negeri mengadakan pelatihan melukis untuk peserta didik yang sudah memiliki bakat lukis. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Aula II SLB Negeri Jepara. Narasumber kegiatan Seni Lukis ini adalah Bapak Dasuki, S.Pd. Kegiatan ini diikuti oleh10 orang pewserta didik yang memiliki bakat melukis.

DSCF7402

Berdoa bersama sebelum kegiatan lukis dimulai

DSCF7410

Narasumber mepraktekkan tahapan membuat skets gambar

DSCF7424

Salah satu peserta didik membuat sketsa

DSCF7464

Proses Pewarnaan Sketsa 1

DSCF7485

Praktek tahapan menggambar pemandangan

DSCF7488

Proses pembuatan sketsa gambar pemandanganmelukis

slb negeri jepara

DSCF7669

SLB Negeri Jepara – Pelatihan Terapi Bina Wicara menjadi salah satu program sekolah rujukan yang dilaksanakan oleh SLB Negeri Jepara. Kegiatan ini diikuti oleh guru SLB Negeri Jeapara dan 5 (lima ) sekolah inklusi yang ada di Kabupaten Jepara. 5 sekolah inklusi ini meliputi SD SEMAI, SD Negeri 1 Sowan Lor, SD Negeri 1 Kriyan, SD Negeri 05 Karanggondang, SD Negeri Jinggotan. Narasumber kegiatan ini berasal dari SLB Negeri Semarang, yaitu Ibu Sulisnuryati, S.Pd. Materi tentang penanganan anak tunarungu dilaksanakan dalam kegiatan ini. Mulai dari pengenalan anak tunarungu, deteksi dini anak tunarungu, gejala dan penyebab anak berkebutuhan khusus (tunarungu), tes audiometri, dan sharing tanya jawab kasus. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, di Aula II SLB Negeri Jepara.

IMG_7776

Peserta Pelatihan Bina Wicara Mempraktekkan Ilmu Pengetahuan Isyarat dari Narasumber

IMG_7765

Narasumber Pelatihan Bina Wicara di SLB Negeri Jepara

IMG_7786

Partisipasi Peserta Pelatihan Bina Wicara dalam mempraktekan Isyarat Sibi dan Bisindo

IMG_7850

Praktek tes audiometri untuk mendeteksi sisa pendengaran

IMG_7852

Praktek cara mendeteksi kotoran di telinga

SLB Negeri Jepara – Sekolah Rujukan merupakan sekolah yang menjadi pedoman atau acuan dari sekolah-sekolah yang berada disekitarnya. SLB Negeri Jepara menjadi sekolah rujukan pendidikan khusus dan berkewajiban untuk merangkul serta membina sekolah-sekolah inklusi yang ada disekitarnya. Program-program yang berkaitan dengan pengembangan diri, peningkatan kreativitas baik untuk siswa maupun guru. Salah satu Program yang dijalankan adalah Pelatihan Okupasi Terapi.

Pelatihan Okupasi Terapi bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam hal penanganan bina gerak, keseimbangan dan konsentrasi  Anak Berkebutuhan Khusus. Narasumber yang didatangkan adalah Ibu Meike Yortania, S.Psi. dari Lentera Hati School. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 2 hari. Peserta dari SLB Negeri Jepara, SD Negeri 1 Kriyan, SD Negeri 1 Sowan Lor, SD Negeri Adapun materi dan praktek yang diajarkan meliputi pengetahuan perkembangan pertumbuhan anak, pelatihan konsentrasi, keseimbangan dan gerak pada anak, serta sharing tentang permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi Anak Berkebutuhan Khusus.

IMG_7652

Pemanasan sebelum kegiatan materi okupasi terapi

IMG_7670

Narasumber pelatihan okupasi terapi

IMG_7710

Praktek keseimbangan gerak merangkak

IMG_7693

Praktek konsentrasi gerak yang dilakukan oleh peserta Pelatihan Okupasi Terapi

SLB Negeri Jepara (25 November 2019)- Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa untuk anak-anak yang ada di dunia pendidikan. Guru menjadi orang tua di sekolah dalam membimbing, mengajarkan, dan menyalurkan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya dengan penuh rasa kasih sayang dan kesabaran. Besarnya pengorbanan guru inilah, pada setiap tanggal 25 November diperingati Hari Guru di Indonesia.

SLB Negeri Jepara melaksanakan upacara peringatan hari guru dilapangan upacara. Semua petugas upacara terdiri dari guru SLB Negeri Jepara. Adapun susunan petugas upacara SLB Negeri Jepara sebagai berikut :

  1. Pembina Upacara : Suwandi Joko Purnomo, S.Pd., M.M.
  2. Pemimpin Upacara : Azis Shoraya, S.Pd.
  3. Protokol  : M. Zamil, S.Pd.
  4. Pengibar Bendera : Oky Dwi Ardiansyah, S.Pd., Deputty Dewi, S.Pd., Haris Arista Purnaditya, S.Pd.
  5. Pembaca UUD 1945 : Ghina Safira, S.Pd.
  6. Pembaca Doa : Sholikul Hadi, S.H.I.
  7. Dirjen : Tutut Aristiyanti, S.Pd.
  8. Pembawa Pancasila : Ginanjar Tejanugraha, S.Pd

 

DSCF8803

Peserta Upacara Peringatan Hari Guru Nasional

DSCF8827

Menyanyikan lagy Indonesia Raya pada saat pengibaran bendera

DSCF8833

Pengibaran Bendera Merah putih

DSCF8839

Pembacaan Pembukaan UUD 1945

DSCF8837

Amanat Pembina Upacara

DSCF8859

Pembacaan Doa

SLB Negeri Jepara (27/11/2019)- Pemeriksaan kesehatan secara rutin dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Tahunan Jepara di SLB Negeri Jepara. Pemeriksaan dilaksanakan di UKS SLB Negeri Jepara dan diikuti oleh ABK Tunagrahita jenjang SDLB kelas 1,2 dan 3. Adapun pemeriksaan yang dilakukan adalah penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan kesehatan gigi, karies, mulut dan pemeriksaan kebersihan telinga. Hasil pemeriksaan ini nantinya akan direkap dan di evaluasi oleh tim kesehatan dari UPT Puskesmas Tahunan Jepara.

IMG_20191127_092940

Pemeriksaan kebersihan telinga yang dilakukan oleh tenaga kesehatan UPT Puskesmas Tahunan Kabupaten Jepara

IMG_20191127_093747

Pemeriksaan kebersihan kuku ABK Tunarungu SLB Negeri Jepara

IMG_20191127_094018

Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dari tenaga kesehatan UPT Puskesmas Tahunan Jepara

SLB Negeri Jepara (7/11/2019) – Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya serta mendukung partisipasi anak tertuma dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawaasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan.

Tanggal 7 November 2019 menjadi hari Deklaraki Sekolah Ramah Anak di Indonesia, tak terkecuali di SLB Negeri Jepara. SLB Negeri Jepara melaksanakan berbagai macam kegiatan dalam program ini. Dari permainan tradisional daerah, Senam ABK Ceria, membawa bekal sehat, outing class membersihkan pantai, deklarasi sekolah ramah anak, menyanyikan lagu nasional, dan kegiatan bersama.

Kegiatan ini diikuti semua peserta didik, guru dan orang tua/wali murid SLB Negeri Jepara.

DSCF8231

Menyambut Peserta Didik dengan 3 S (Senyum, Salam, Sapa)

DSCF8271

Kegiatan Sarapan Bekal Sehat di Lingkungan SLB Negeri Jepara

DSCF8307

Foto Bersama Anak Tunagrahita

DSCF8351

Permainan Tradisional Layang-Layang

DSCF8340

Keceriaan Peserta Didik SLB Negeri Jepara bermain Kincir Air

DSCF8257

Deklarasi Sekolah Ramah Anak

DSCF8309

SLB Negeri Jepara (08/10/2019) – Sebagai sekolah Sahabat Keluarga, Sekolah Rujukan dan Sentra PK -LK, SLB Negeri Jepara rutin mendapatkan mahasiswa untuk observasi/penelitian maupun kunjungan dari sekolah lain. Salah satu sekolah yang melakukan kunjungan kerja untuk melihat bagaimana manajemen keterampilan yang ada di SLB Negeri Jepara adalah SLB Dayang Grobogan. Kepala Sekolah, guru dan staf SLB Dayang Grobogan melakukan kunjungan pada tanggal 8 Oktober 2019. Dalam kunjungan kerja ini, staf dan guru mengamati langusng kegiatan yang ada disekolah mulai dari keterampilan, aktivitas sekolah, dan kesenian yang ada di SLB Negeri Jepara.

Sebelum kegiatan observasi berlangsung, Kepala SLB Dayang Grobogan memberikan sambutan, yang selanjutnya dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Kepala SLB Negeri Jepara. Penjelasan masing-masing Wakil Kepala Sekolah yang terdiri dari Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Waka Humas. Pemberian kenang-kenangan diberikan oleh SLB Dayang Grobogan kepada SLB Negeri Jepara.

DSCF7509

Sambutan dari Kepala SLB Dayang Grobogan

DSCF7561

Sambutan dari Kepala SLB Negeri Jepara

DSCF7637

Pemberian kenang-kenangan dari Kepala SLB Dayang Grobogan ke SLB Negeri Jeapara

DSCF7646

Foto Bersama Guru dan Staf SLB Dayang Grobogan

SLB Negeri Jepara (07/11/2019)- Sebagai Perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah dalam mengikuti ajang Lomba ABK Berseri Tingkat Nasional Tahun 2019, SLB Negeri Jepara melaksanakan 3 tahapan seleksi dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus. Tahapan seleksi berkas, tahapan tinjauan verifikasi dan tahapan final yaitu presentasi. SLB Negeri Jepara bersaing dengan 30 provinsi lainnya yang ada di Indonesia. Kegiatan lomba dilaksanakan di Tangerang selama 4 hari dari tanggal 4-7 November 2019.

Dalam tahap presentasi, SLB Negeri Jepara mempresentasikan tentang bagaimana penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang telah dilakukan oleh semua warga sekolah, selain itu pengolahan sampah dan kerjasama dengan dinas terkait ikut dibahas dalam presentasi ini. Untuk lomba promosi kesehatan dan karya tulis, peserta didik langsung mempraktekkan pembuatan karyanya di hadapan dewan juri. Pada acara penutupan, SLB Negeri Jepara dinobatkan sebagai Juara Harapan 1 ABK Berseri Tingkat Nasional Tahun 2019.

WhatsApp Image 2019-12-09 at 11.43.16

SLB Negeri Jepara (05/05/2019) – SLB Negeri Jepara ikut berpartisipasi dalam rangka Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Kepala SLB Negeri Jepara menjadi salah satu peserta lomba dengan mempresentasikan tentang optimalisasi Peran orang tua sebagai Sahabat Keluarga dalam meningkatkan prestasi sekolah.

Dalam presentasi ini, dijelaskan bagaimana peran serta dan keterlibatan orang tua/wali murid SLB Negeri Jepara dalam kegiatan yang ada disekolah. Mulai dari keterlibatan dalam lomba, petugas upacara, outing class dan lain sebagainya. Dalam ajang lomba ini, Bapak Suwandi Joko Purnomo, S.Pd., M.M. berhasil menjadi Juara III Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

WhatsApp Image 2019-12-09 at 11.41.10 (1)

SLB Negeri Jepara (4/10/2019) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara mengadakan ajang Lomba Karawitan Tingant Kabupaten untuk 3 jenjang. Lomba Karawitan untuk Umum, SMA dan SMP. Lomba Karawitan ini dilaksanakan di Pendopo Alit Kabupaten Jepara Kawedanan) dan dinilai oleh 3 dewan juri. Dalam ajang lomba ini, SLB Negeri Jepara menampilkan 4 sinden terbaiknya bersam Tim Karawitan Padma Laras. Lagu yang ditampilkan diantarannya adalah Jepara Kaloka dan Doro Mulok.

Dalam lomba karawitan ini, SLB Negeri Jepara berhasil meraih Juara 1 Lomba Karawitan Tingkat Kabupaten dalam kategori Umum.

Lomba Karawitan Tingkat Kab. Jepara Tahun 2019

Tim Karawitan SLB Negeri Jepara Foto Bersama