SLB Negeri Jepara () – Kegiatan Pembelajaran Sikat Gigi diberikan kepada peserta didik  SLB Negeri Jepara. Dalam pelatihan ini peserta didik yang didampingi oleh wali kelas masing-masing membawa perlengkapan untuk gosok gigi dari rumah. Tim UKS SLB Negeri Jepara mempraktekkan bagaimana langkah-lah menggosok gigi yang benar. Ada 9 langkah cara menggosk gigi dengan baik dn benar seperti :

  1. Menyiapkan sikat gigi, pasta gigi dan gelas
  2. Ratakan pasta gigi sesuai dengan sikat gigi yang digunakan
  3. Posisikan sikat gigi membentuk 45 derajat kemudian gosok gigi secara perlahan.
  4. Gunakan sikat gigi secara memutar pada gigi bagian dalam
  5. Gosok gigi dengan posisi tegak gerakan searah vertikal ke atas dan ke bawah untuk membersihkan gigi depan dan gigi bagian dalam.
  6. Menyikat lidah setela selesai menggosok gigi dapat menghilangkan bakteri sehingga nafas lebih segar dan terhindar dari bau mulut.
  7. Kumur-kumur

_DSF0523

Perlengkapan Sikat Gigi Peserta Didik Tunagrahita SDLB

_DSF0525

Peserta didik saat sedang mempraktekan cara menggosok gigi yang baik dan benar

_DSF0526

Tim UKS SLB Negeri Jepara mendampingi peserta didik menggosok gigi dengan baik dan benar

_DSF0533

Keterlibatan wali kelas melatih bina diri kepada peserta didik Tunagrahita SLB Negeri Jepara

_DSF0542

Langkah sikat gigi yan terakhir, kumur-kumur.

SLB Negeri Jepara () – Usaha Kegiatan Sekolah (UKS) SLB Negeri Jepara memiliki berbagai macam program kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan dan lingkungan hidup. Salah satu programnya ada “Bekal Sehat, Menu 4 Sehat 5 Sempurna” yang dibawa dari rumah. Bekal Sehat ini terdiri dari nasi (karbohidrat), ikan/telur/daging (protein), sayu mayur (zat besi), buah (vitamin) dan air mineral. Program Bekal Sehat ini sudah dilaksanakan oleh jenjang SDLB  Tunagrahita.

Mengapa dilaksanakan Program Bekal Sehat ?

Hal ini bertujuan untuk menerapkan dan membiasakan peserta didik melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.  Selain itu, pemenuhan gizi seimbang dan minimalisasi jajanan tidak sehat menjadi alasan pendukung mengapa program ini diadakan. Orang tua/wali murid juga dilibatkan dalam hal ini untuk membuatkan bekal siang setiap hari.

_DSF0485

 Kegiatan Bekal Sehat SLB Negeri Jepara di Kelas SDLB Tunagrahita

_DSF0512

Potret saat peserta didik Tunagrahita menyantap Bekal Sehat yang dibawakan orang tua dari rumah

_DSF0502

Salah satu peserta didik putri menghabiskan bekal sehat yang dibawanya.

_DSF0494

Melatih Kemandirian, menjadi salah satu tjuan dari program Bekal Sehat

 

SLB Negeri Jepara (18/72019)- Lomba Keterampilan Siswa Nasional untuk Anak Berkebutuhan Khusus menjadi salah satu kegiatan yang rutin diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Lomba ini terdiri dari berbagai macam cabang lomba diantaranya, kecantikan, kriya kayu, menjahit, tata boga, kreasi barang bekas, hantaran, IT, membatik dan merangkai bunga.

SLB Negeri Jepara mewakili Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II (Group A) untuk 4 jenis cabang lomba, yaitu Hantaran, IT, Kriya Kayu dan Kreasi Barang Bekas. Untuk Cabang Lomba Hantaran diwakili oleh Nia Hirdatul Aulia (peserta didik tunarungu), untuk cabang lomba Kriya Kayu diwakili oleh M. Choirul Afif (peserta didik tunarungu), untuk cabang Lomba Kreasi Barang Bekas diwakili oleh Muhammad Burhanudin (peserta didik tunarungu), dan cabang lomba IT diwakili oleh Harnu Wahyu Setyawan (peserta didik tunarungu) dengan masing-masing pendampingnya. Durasi waktu lomba untuk masing-masing cabang lomba berbeda beda.  Dari durasi waktu sekitar  4-8 jam.

SLB Negeri Jepara berhasil membawa 2 Piala, yaitu Juara I Lomba IT yang selanjutnya mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk maju ke tingkat nasional dan Juara II Lomba Kriya Kayu.

WhatsApp Image 2019-08-22 at 11.45.13

Wahyu Harnu Setyawan berhasil meraih Juara 1 Lomba IT Putra/Putri SMPLB/SMALB Tingkat Provinsi Jawa Tengah

WhatsApp Image 2019-08-22 at 11.45.15

M. Choirul Afif berhasil meraih Juara II Lomba Kriya Kayu Putra Putri SMPLB/SMALB Tingkat Provinsi Jawa Tengah

SLB Negeri Jepara (27/06/2019 )- Dalam rangka Festival dan Lomba Literasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah, SLB Negeri Jepara ikut andil mengikuti Lomba Menyarikan/Sinopsis Buku yang diwakili oleh peserta didik tunanetra Alip Akbar Eka Junata dan Lomba Menulis Cerpen diwakili oleh peserta didik tunagrahita Risma Elvariana Nikmanto Putri. Lomba ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Cabang Dinas Pendidikan yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Masing-masing cabang lomba dinilai langsung oleh 3 juri yang memiliki keahlian pada tiap cabang lomba.

Dan pada kesempatan ini , SLB Negeri Jepara berhasil menyabet Piala Juara 2 untuk cabang Lomba Menyarikan/Sinopsis Buku Tingkat SMPLB/SMALB.

WhatsApp Image 2019-09-05 at 08.55.25

SLB Negeri Jepara berhasil meraih Juara II Cabang Lomba Menyarikan/Sinopsis Buku Tingkat SMPLB/SMALB Provinsi Jawa Tengah

WhatsApp Image 2019-09-05 at 08.55.26

Foto Bersama dengan Juara 1 dan 3 Cabang Lomba Menyarikan Sinopsis Buku Tingkat Provinsi Jawa Tebgah

SLB Negeri Jepara (22/6/2019) – Halal Bi halal Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan dalam rangka mnemperingati Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Kegiatan halal bi halal dilaksanakan di Aula II SLB Negeri Jepara. Adapun sekolah yang mengikuti acara ini antara lain SLB Negeri Jepara, SLB-B YASPENLUB Demak, dan SLB-C YASPENLUB C Demak. Turut hadir Ibu Dr. Ernest Ceti Septyanti selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah yang meberikan sambutan kepada guru dan karyawan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Ibu Ernest berpesan untuk saling menjaga silaturahmi antar sesama, meningkatkan dan mempertahankan prestasi yang telah diraih oleh masing-masing sekolah.

Pentas Seni dan hiburan yang ditampilkan dalam acara ini. Seperti tari gambyong, seni musik, penampilan lagu bahasa isyarat dari peserta didik tunarungu SLB Negeri Jepara. Acara ini ditutup dengan kegiatan ramah tamah saling berjabat tangan antara satu sama lain.

IMG_6382

Penampilan Jody Ferdiansyah, salah satu peserta didik tunanetra saat melantukan ayat suci Al-Qur’an

IMG_6378

Guru, karyawan SLB Negeri Jepara, SLB-B YASPENLUB Demak, SLB-C YASPENLUB Demak dan tamu undangan saat menyanyikan Lagu Indonesia Raya

IMG_6407

Sambutan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah

IMG_6389

Penampilan Tari Gambyong dari peserta didik Tunarungu SLB Negeri Jepara

IMG_6416

Acara ramah tamah dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah, Pengawas PLB dan Ketua MKKS beserta jajaran guru dan karyawan.

IMG_6422

Foto Bersama Guru dan Karyawan SLB Negeri Jepara