SLB N Jepara (29/10/2016) – Pada hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2016, SLB Se Eks Karisidenan Pati mengadakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di SDLB N Pati. Kegiatan Perkemahan ini diikuti oleh ABK dari berbagai macam ketunaan, diantarannya adalah Tunarungu, Tunagrahita dan Tunadaksa. Sedangkan SLB yang mengikuti kegiatan ini yaitu SLB N Jepara, SLB Muria Kudus, SLB N Rembang, SDLB N Pati, SLB Bina Citra, SLB Lasem, SLB N Jepon, SLB Blora, SLB Budimulya, SLB Futuhiyah.

Kegiatan Perkemahan berlangsung selama 2 hari 1 malam. SLB N Jepara membawa 2 regu putri dan 2 regu putra. Masing-masing regu terdiri dari 6 ABK. Setiap regu didampingi oleh 2 pendamping. Dalam perkemahan yang berlangsung kemarin, SLB N Jepara mendirikan 4 tenda didepan halaman SDLB N Pati.

Upacara pembukaan berlangsung pada pukul 10.00 WIB yang diresmikan oleh Wakil Bupati Pati. Setelah upacara pembukaan berlangsung, kegiatan selanjutnya adalah mencocokkan gambar yang telah disediakan oleh panitia. Pada pukul 11.00 WIB – 14.00 WIB jeda untuk anggota Persami istirahat dan dilanjutkan kembali dengan melanjutkan kegiatan Semaphore, Morse, Pengenalan dan Pencocokkan atribut pramuka. Pada malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan Pentas Seni Budaya oleh masing-masing SLB. Kegiatan pentas seni berlangsung kurang lebih sekitar 3 jam, yaitu dari pukul 19.00 WIB- 22.00 WIB. SLB N Jepara menyuguhkan pentas seni tarian Jaran Kepang yang terdiri dari 6 orang. Durasi Tarian Jaran Kepang ini sekitar 3 menit.

 Pada hari Minngu, 30 Oktober 2016, pukul 07.00 kegiatan yang diikuti ABK adalah outboond. Kegiatan Outboond ini terdiri dari Crazy Ball, Bola Kelereng, Memasukkan pensil, Gelang Estafet, Pingpong Estafet, Memindahkan Kelereng ke Gelas, Memindahkan Air ke gelas, dan melempar bola pingpong. Setelah kegiatan outboond selesai, dilanjutkan dengan pembongkaran tenda dan upacara penutupan yang dibina langsung oleh Ketua MKKS Se Eks Karisidenan Pati  yaitu Bapak Suwandi Joko Purnomo, S.Pd. M.M.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Persami SLB N Jepara di Pati :

img_5834

img_5847

img_5848

img_5855

img_5905

img_5958

img_6052

img_6169

img_6192

img_6285

img_6292

SLB N Jepara (28/10/2016) – 88 tahun yang lalu bangsa Indonesia menggoreskan sebuah sejarah yaitu peristiwa lahirnya Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktoer 1982 yang melibatkan Perhimpunan Pelajar- Pelajar Indonesia (PPPI) dan para cendekiawan serta beberapa organisasi. Adapun organisasi yang terlibat antara lain Jong Celebes, Jong Java, Jong Soemantranen Bond. Sedangan untuk para tokoh yang terlibat adalah J.Leimena, Muhammad Yamin, Sugondo Djojopuspito.

Pada hari ini, SLB N Jepara melaksanakan kegiatan upacara untuk mengenang peristiwa tersebut serta mengingat akan jasa yang telah diberikan oleh para pemuda di Indonesia sejak dulu kala. Upacara bendera diikuti oleh seluruh guru dan staff SLBN Jepara, ABK SLB N Jepara serta Wali Murid. Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat dari awal hingga akhir.

Untuk Amanat upacara disampaikan langsung oleh Kepala SLB N Jepara, yaitu Bapak Suwandi Joko Purnomo, S.Pd., M.M.. Pesan yang disampaikan beliau adalah bagaimana ABK SERTA Guru-guru muda dapat unggul dengan sekolah yang lainnya. Keunggulan ini dibuktikan dengan dimilikinya keahlian dan keterampilan sebanyak-banyaknya untuk bekal di masa yang akan datang.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Upacara Bendera dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda di SLB N Jepara :

img_5783

img_5787

img_5793

img_5802

SLB N Jepara (22/10/2016) – Setelah 3 tahun tidak mengadakan kegiatan rekreasi bersama, pada hari Sabtu 22 Oktober 2016, SLB N Jepara mengadakan kegiatan rekreasi bersama seluruh ABK, wali murid, guru dan staff . Tempat tujuan rekreasi adalah di Wisata Bahari Lamongan, Jawa Timur.  Sebanyak 300 anggota lebih yang mengikuti kegiatan pariwisata kemarin. Tahun ini, sebanyak 9 bus pariwisata diberangkatkan dari halaman SLB N Jepara menuju Lamongan dengan menggunakan jasa dari Azfa Tour Jepara. Dengan menggunakan bus yang terdiri dari PO.Haryanto, MJCM, SK Perdana berangkat pukul 04.30 WIB.

Perjalanan menuju WBL berkisar kurang lebih 7 jam. Pada pukul 11.00 WIB, semua armada bus sampai dengan selamat. Refreshing untuk menikmati semua wahana pariwisata di WBL selama 5 jam dari pukul 12.00 WIB hingga 16.00 WIB. Adapun berbagai wahana yang dapat dinikmati antara lain adalah roal coaster, speed flip, Paus Dangdut, Drop Zone, Ranger, Crazy Car, Sarang Bajak Laut, Rumah Sakit Hantu, Texas City, 3D Movie dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan pariwisata  di WBL :

IMG_5743

SLB N Jepara – Dalam memperingati 10 Muharrom, SLB Negeri Jepara mengadakan kegiatan Santunan Anak Yatim ABK dari semua jenjang, yaitu dari tingkat SDLB, SMPLB, SMALB ketunaan Tunagrahita, Tunarungu, dan Tunanetra.  Jumlah ABK yang mendapatkan santunan anak yatim adalah sebanyak 19 ABK.

Kegiatan pembagian santunan anak yatim ini dilaksanakan di Mushola Al-Hanif SLB Negeri Jepara pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Pembagian santunan anak yatim ini dibagikan dan diwakilkan langsung oleh Bapak Suwandi Joko Purnomo, S.Pd.,M.M. selaku Kepala Sekolah SLB N Jepara.

Berikut ini adalah dokumentasinya :

IMG_5564

IMG_5584

 

 

 

 

 

SLB N Jepara – (3/10/2016), Koordinasi Pengembangan Kelembagaan Pada Penguatan Jejaring Pendidikan Khusus Melalui In House Training (IHT) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jepara Tahun 2016 dilaksanakan di Aula SLB N Jepara pada tanggal 3 Oktober 2016, mulai pukul 08.30-16.00 WIB.

Pada Kegiatan In House Training ini, SLB N Jepara memberikan pelatihan Keterampilan Pembuatan Clutch Bag (Tas Pesta) bagi ABK Tunarungu jenjang SMPLB dan SMALB. Kegiatan ini diikuti oleh 2 narasumber, 10 pendamping dan 25 peserta. Acara pembukaan IHT ini dibuka dengan sambutan Kepala SLB N Jepara Bapak Kepala SLB N Jepara Suwandi Joko Purnomo, S.Pd., M.M.

Setiap satu pendamping memegang 3 siswa untuk diarahkan dalam setiap tahapan pembuatan Clutch Bag. Pembuatan Clutch Bag ini dengan menggunakan bahan Oscar, Kertas Karton, Kain Fouring, Lem, dan bahan pendukung lainnya.

Berikut ini adalah dokumentasi Kegiatan In House Training di SLB N Jepara :

img_5482

img_5510

img_5516

img_5522

img_5530

img_5537

img_5548

SLB N Jepara (1/10/2016) – SLB N Jepara kembali dipercaya untuk mengisi pentas Jatilan  acara Malam 1 Suro di Radio Kartini Jepara. Pentas Jatilan ini diadakan pada hari Sabtu Malam, pukul 20.00 WIB di halaman Radio Kartini Jepara. Anggota yang tampil memeriahkan pentas Jatilan  adalah dari Guru dan Staff SLB N Jepara.  Diantarannya adalah Muhammad Zamil, Oky Dwi Ardiansyah, S.Pd., Dina Puspitarini, S.Psi., Deputty Dewi, S.Pd., Muhammad Doni, S.E., Fathur Rozaq, S.,Ds. sebagai penari Jatilan.

Sedangkan untuk bagian pemain gamelan diantarannya Suharno, S.Pd., Zuliyanto, Haris Arista Purnaditya, S.Pd., Mujiantoro, S.Pd., Azis Shoraya, S.Pd., Sholikul Hadi, S.H.I., Wasis Irianto. Dan pada bagian vokal diisi oleh 3 Guru SLB N Jepara sendiri yaitu Supadmini, S.Pd., Ida Ayu Fatmawati, S.Pd.I., Tutut Aristiyanti, S.Pd.

Jatilan SLB N Jepara membuak acara malam satu suro yang disaksikan oleh warga sekitar daerah Pengkol Jepara. Alunan musik Kebo Giro menjadi yang pertama disuguhkan sebelum memasuki acara tarian Jatilan. Adapun tembang yang mengiringi Jatilan yaitu Jaranan, Gambang Suling dan Si Kucing.

Para penonton sangat antusias melihat dan menikamati alunan gending hingga pukul 21.00WIB.

Berikut ini adalah dokumentasinya :

img_5316

img_5355

img_5349

img_5407

img_5380

img_5358

img_5323

img_5456