SLB N Jepara, (23/02/2016)- Fisioterapi merupakan salah satu kegitan terapi yang diberikan kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB N Jepara. Fisioterapi sendiri adalah salah satu jenis layanan terapi fisik yang bertujuan untuk membantu Anak Berkebutuhan Khusus dalam mengembangkan kemampuan motorik anak, seperti berjalan, berdiri, bergerak, melompat serta berjongkok yang menjadi aktivitas sehari- hari.

Selain itu, terapi ini bertujuan untuk  membantu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB N Jepara yang mengalami gangguan fisik anak dalam memperbaiki gerak sendi dan kekuatan otot. Dengan kegiatan Fisioterapi ini diharapkan ABK di SLB N Jepara dapat menghilangkan rasa takut terhadap kegiatan yang tidak pernah dilakukan atau secara bertahap dapat meminimalisir rasa trauma di diri ABK.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Fisioterapi yang dilaksanakan oleh ABK di SLB N Jepara :

fisioterapi 1

fisioterapi 2

fisioterapi 3

SLB N Jepara (23/02/2016) – Berbagai macam jenis kegiatan mendidik, melatih diri menjadi hal yang wajib diberikan kepada Anak Berkebutuhan Khusus atau yang lebih dikenal dengan istilah ABK. SLB N Jepara merupakan satu-satunya Sekolah Luar Biasa di Jepara yang berperan aktif dalam mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) untuk menjadi pribadi yang mandiri, memiliki kepercayaan diri yang tinggi serta dibekali dengan keahlian dan keterampilan untuk nantinya dapat digunakan sebagai bekal dalam kehidupan bermasyarakat.

Salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan untuk ABK yaitu Terapi. Terapi untuk ABK banyak jenisnya. Adapun tujuan dari diadakannya terapi adalah untuk melatih ABK agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri dengan meminimalkan bantuan dari orang lain. Salah satu dari jenis terapi yang diberikan SLB N Jepara untuk ABK  adalah Terapi Air. Kegiatan Terapi Air ini dilakukan dikolam renang atau kolam khusus yang disediakan untuk melakukan proses terapi.

Adapun tujuan dari kegiatan Terapi Air ini adalah sebagai berikut :

  • Melatih dan mengontrol pernafasan untuk kesehatan dan berbicara
  • Melatih interaksi sosial pada ABK
  • Membantu kekuatan dan daya tahan otot

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Terapi Air yang dilakukan oleh ABK :

 

IMG_1045

IMG_1033

SLB Negeri Jepara, (17/02/2016)- Kegiatan Program Khusus menjadi salah satu kegiatan wajib yang diberikan kepada Anak Berkebutuhan Khusus tunadaksa di SLB Negeri Jepara. Latihan bina gerak yang diberikan  ini bertujuan untuk memberikan bekal dan mengantarkan anak agar dapat berhasil dengan segera. Dengan demikian, diharapkan nantinya anak dapat mengadakan partisipasi, berkomunikasi, dan sosialisasi dengan lancar. Selain itu  anak tunadaksa ini tidak mengalami kesulitan gerak fisik. Dan akan bersikap berani dan percaya diri dalam bergaul dan menyatukan dirinya dengan masyarakat. Program Khusus Bina Gerak ini bertujuan agar siswa memiliki pengetahuan, sikap dan nilai, serta kemampuan sensomotorik sebagai bekal agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Di SLB N Jepara, Bina Diri diampu oleh Ibu Tantina, S.Pd selaku guru tunadaksa. Ada berbagai macam kegiatan Bina Gerak yang dilakukan oleh ABK, diantarannya adalah Bina Gerak dengan Terapi Bermain, Bina Gerak dengan Terapi Fisik dan Bina Gerak dengan Terapi Kerja.  Salah satu contohnya yang telah dilaksanakan oleh anak ABK adalah permainan menyusun Balok, berlatih berjalan, menaiki dan menuruni anak tangga serta berolahraga.

Kegiatan ini dilakukan oleh siswa dan siswi tunadaksa dengan antusias dan aktif disetiap kegiatan. Kegiatan Bina Gerak yang dilakukan secara bertahap ini nantinya dapat melatih pengembangan otot- otot, fungsi mata dan fungsi telinga.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Program Khusus Bina Diri di SLB N Jepara :

IMG_0569

IMG_0606

IMG_0698

IMG_0678

IMG_0698

IMG_0705

SLB Negeri Jepara, (15/02/2016), Program Khusus untuk Anak Berkebutuhan Khusus atau yang lebih dikenal dengan ABK terdiri dari berbagai macam program. Diantarannya adalah Bina Diri, Bina Gerak, Orientasi dan mobilitas (OM).

Salah satu Program Khusus untuk Tunanetra adalah Orientasi dan Mobilitas. Program ini merupakan program khusus yang diperuntukkan bagi siswa yang menyandang tunanetra. Pada program ini, siswa dikenalkan kepada lingkungan di sekitar mereka, terutama di lingkungan sekolah. Adapun tujuan dari Program Khusus OM ini adalah untuk mengembangkan sikap kemandirian siswa tunanetra dan membantu mereka agar bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari seperti orang normal pada umumnya. Selain itu, manfaat dari Program Khusus Orientasi dan Mobilitas bagi Tunanetra yaitu mempermudah tunanetra dalam memperoleh informasi dan pengalaman baru, mempermudah bagi tunanetra dalam berinteraksi dengan lingkungan, mempermudah bagi tunanetra dalam bergerak dan berpindah tempat.

SLB N Jepara menjadikan Program Khusus OM menjadi salah satu program yang wajib untuk diajarkan kepada tunanetra. Program ini dilakukan dengan praktek mengenali lingkungan sekolah, mengenali situasi sekitar dan arah mata angin.

Berikut ini adalah dokumentasi Program Khusus Orientasi dan Mobilitas Tunanetra di SLB N Jepara :

IMG_0822

IMG_0823

IMG_0825

Peraturan Provinsi Terbaru, SLB N Jepara Antusias Mengenakan Pakaian Adat Jawa…

SLB Negeri Jepara, (15/02/2016) – Pakaian Adat merupakan salah satu budaya asli Indonesia yang telah dikenal dan dijaga hingga saat ini. Asset Indonesia yang beranekaragam ini diharapkan dapat dilestarikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bukan hanya satu jenis Pakaian Adat yang dimiliki Indonesia, melainkan puluhan Pakaian Adat Daerah nan khas menjadi budaya Indonesia.

Salah satu cara melestarikan Pakaian Adat Nusantara yaitu  ikut serta berperan aktif dalam mempromosikan atau mengenakannya. Sesuai dengan Peraturan Provinsi Jawa Tengah terbaru, SLB Negeri Jepara ikut berperan aktif untuk menggunakan Pakaian Adat Jawa sebagai salah satu seragam yang wajib dikenakan setiap bulannya pada tanggal 15. Kemarin, pada hari  Senin, 15 Februari 2015 menjadi bulan pertama dan perdana bagi seluruh guru, staf dan karyawan SLB Negeri Jepara memakai pakaian Adat Jawa sesuai dengan peraturan Provinsi Jawa Tengah yang telah ditentukan. Pada hari Senin ini juga menjadi upacara pertama bagi SLB Negeri Jepara dengan memakai pakaian Adat Jawa.

Bukan hanya kaum wanita yang mengenakan pakaian adat, melainkan kaum pria ikut serta berperan secara langsung menggunakan pakaian Adat khas Jawa yang dikenal dengan nama Beskap. Untuk laki -laki menggunakan jarik, beskap dan tak lupa Blangkon sebagai pelengkapnya. Sedangkan untuk perempuan, menggunakan jarik, atasan kebayak dan jilbab.

Berikut ini adalah dokumentasi saat seluruh guru, staf dan karyawan memakai Pakaian Adat :

IMG_1384

IMG_1410

IMG_1393

IMG_1396

IMG_1407

IMG_1412

IMG_1402

Program Bina Diri, Ajarkan Anak Berkebutuhan Khusus Merawat Diri…

SLB N Jepara, (12/02/2016) – Untuk mendukung perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus, SLB Negeri Jepara melaksanakan Program Khusus bagi ABK. Program Khusus ini meliputi berbagai macam, seperti BKPBI, Bina Diri dan Bina Gerak.

Kegiatan Bina Diri menjadi salah satu Program Khusus yang wajib dilakukan oleh siswa dan siswi SLB Negeri Jepara. Kegiatan Bina diri adalah suatu upaya membangun diri Anak Berkebutuhan Khusus baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial melalui pendidikan di dalam keluarga, di sekolah, dan di masyarakat yang dilakukan sehari – hari sehingga diharapkan dapat terwujudnya kemandirian untuk melakukan aktivitas sehari -hari.

Kegitan Bina Diri di SLB N Jepara dilakukan secara rutin setiap minggunya. Kegiatan ini diperuntukkan untuk semua jenis ketunaan yaitu Tunagrahita, Tunanetra dan Tunarungu. Untuk tingkat SDLB, Program Khusus Bina Diri ini terdiri dari berbagai aspek diantarannya adalah sebagai berikut :

  1.  Merawat Diri  : Kegiatan Bina Diri merawat diri ini meliputi makan-minum, kebersihan badan, menjaga kesehatan
  2. Menolong Diri : berpakaian, berhias diri
  3. Mengurus Diri : Kegiatan Bina Diri menolong diri ini meliputi berpakaian dan menghias diri.

Setiap anak berkebutuhan khusus, memiliki metode dan penanganan dalam bina diri yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki anak. Jadi belum tentu permasalahan yang dihadapi oleh anak tersebut sama.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Bina Diri yang dilakukan oleh anak SDLB :

IMG_0845Kegiatan Merawat Diri yang dilakukan oleh SDLB kelas 4 Tunagrahita

IMG_0852

IMG_0860

Kegiatan Merawat Diri menggunakan kaos kaki dan sepatu

 

Kegiatan BKPBI (Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama) SLB N Jepara

SLB N Jepara – ( 04/02/2016), Ada bebagai macam kegiatan program khusus yang diberikan kepada para siswa dan siswi SLB N Jepara khususnya untuk tingkat SDLB. Program- program khusus tersebut diantarannya adalah kegiatan OM, BKPBI, Bina Diri, Bina Gerak dan Bina Sosial.

Salah satu kegiatan yang diajarkan dan wajib didapat oleh siswa-siswi Tunarungu adalah kegiatan BKPBI. BKPBI adalah program khusus yang dilaksanakan untuk siswa-siswi tunarungu. Melalui program ini, siswa dikenalkan dengan berbagai macam bunyi-bunyian dan suara di sekitar mereka. Program khusus BKPBI ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi pada siswa tunarungu. Selain itu, melalui program ini diharapkan nantinya siswa-siswi tunarungu memiliki kemungkinan untuk mengadakan kontak yang lebih baik lagi sebagai bekal untuk bersosialisasi di lingkungan masyarakat nantinya.

Di SLB N Jepara program BKPBI menggunakan media earphone untuk membantu para siswa dan siswi melatih alat pendengaran. Melalui alat ini, diharapkan dapat membantu untuk menstimulasi pendengaran secara bertahap dengan bunyi- bunyi dan suara. Dan disamping itu, untuk melatih kejelasan artikulasi, diajarkan secara face to face bagaimana cara melatih artikulasi dengan jelas.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Program Khusus Kegiatan BKPBI :

IMG_0739

 IMG_0748

IMG_0764

IMG_0794

Jepara ( 04/ 02/ 2016) – Musik menjadi salah satu media untuk menyalurkan bakat baik dari segi vokal maupun musikal. SLB N Jepara menjadi salah satu yang mendukung pengembangan Seni Musik bagi para siswa-siswinya. Bukan hanya alat musik modern yang disediakan untuk para siswa, melainkan berbagai macam alat musik tradisional ikut menjadi sarana pembelajaran dalam bermain musik. DUPA Band (Dunia Panggung Anak) merupakan nama band SLB N Jepara. Anggota DUPA Band ini antara lain siswa dari Tunagrahita dan Tunanetra. Adapun instrumen musik yang dimainkan adalah Drum, Bass, Gitar Akustik, Piano dan Orgen.

Dan pada hari Selasa tanggal 2 Februari 2016, DUPA Band berkesempatan untuk tampil dan mengisi acara Technical Meeting Indonesia International Furniture Expo (IFEX) dan Pelantikan Kepengurusan DPD AMKRI Jepara Periode 2015- 2016 di Maribu Resto. DUPA Band tampil untuk mengisi pra acara hingga acara pelantikan selesai. Dalam kesempatan tersebut, lebih dari 25 lagu disuguhkan kepada para tamu undangan, yakni Pengusaha Mebel Jepara. Adapun susunan personil yang tampil dalam acara tersebut, diantarannya Muhammad Noor Adib untuk bagian vokal dan Bass, Muhammad Akhrom bagian instrumen musik Orgen, Ida Ayu Fatmawati, S.H.I, M.Pd.I bagian vokal, Ragil Akbar Al-Chakim untuk bagian instrumen musik Drum dan Trijono untuk bagian instrumen musik Gitar.

Penampilan DUPA Band pada acara ini berhasil membuat para tamu undangan terpukau dari awal  hingga akhir acara.

Berikut ini adalah dokumentasi penampilan DUPA Band :

IMG_1152

IMG_1079

IMG_1145

IMG_1125

IMG_1158

IMG_1113

Asah Kekompakan dan Ketangkasan Lewat Kegiatan Pramuka..

SLB N Jepara – (02/02/ 2015), Pramuka menjadi kegiatan non formal yang diutamakan dalam kegiatan sekolah. Kegiatan Pramuka telah dikenal sejak zaman Belanda, dan ditetapkan sebagai salah satu Hari Nasional oleh negara Indonesia pada tanggal 14 Agustus. Hampir semua sekolah yang ada di pelosok Indonesia melaksanakan kegiatan Pramuka sebagai salah satu kegiatan non formal wajib yang diikuti oleh siswa-siswinya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh semua tingkatan. Dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sekolah Luar Biasa Negeri Jepara merupakan salah satu sekolah yang menjadikan kegiatan pramuka sebagai kegiatan wajib yang diikuti oleh siswa-siswi tingkat SDLB, SMPLB dan SMALB dan meliputi Tuna Grahita, Tuna Wicara dan Tuna Rungu. Kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk melatih kekompakan dan ketangkasan antar siswa. Kekompakan dalam Latihan Baris- Berbaris atau yang sering dikenal (LBB), kekompakkan dalam permainan pramuka serta kekompakaan dalam kegiatan pramuka lainnya seperti, membuat berbagai macam simpul tali, mendirikan tenda, semaphore dan morse. Bukan hanya kegiatan tersebut yang dikenalkan dalam Pramuka. Ilmu- ilmu dalam pramuka lainnya juga ikut diajarkan. Diantarannya, mengenal tepuk pramuka, Tri Satya dan Dasadharma.

Kegiatan Pramuka dilaksanakan setiap hari Jum’at  bertempat dilapangan dan halaman SLB Negeri Jepara. Kegiatan ini dibina langsung oleh guru SLB N Jepara.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Pramuka di SLB N Jepara :

IMG_8567

IMG_8568

IMG_0676

Belajar Tarian Daerah, Upaya Lestarikan Kesenian Indonesia SLB N Jepara

SLB N Jepara, (01/02/2015 – Beranekaragam Tarian Daerah di Nusantara menjadi salah satu budaya yang hingga saat ini dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Berbagai macam jenis tarian memiliki ciri khas sesuai dengan asal daerahnya. Banyaknya jenis tarian ini menjadikan masyarakat Indonesia khususnya siswa- siswi yang masih dibangku sekolah untuk ikut melestarikan kebudayaaan dan kesenian tersebut dengan cara ikut serta belajar memahami tarian daerah yang satu dengan tarian daerah yang lainnya.

Dan SLB N Jepara menjadi salah satu Sekolah Negeri yang mengenalkan dan mengajarkan para siswa-siswinya untuk mengenal berbagai jenis tarian daerah. Kegiatan Seni Tari ini dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar dan diikuti oleh siswi SLB N Jepara tingkat SMPLB dan SMALB Tunagrahita, Tunarungu. Seni Tari ini dibina langsung oleh Tutut Aristiyanti, S.Pd. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya bagi SLB N Jepara untuk melestarikan kesenenian Indonesia dibidang seni tari.

Melalui kegiatan Seni Tari di SLB N Jepara, para siswi diajarkan berbagai macam jenis tarian daerah seperti Tari Saman, Tari Jaipong, Tari Pendet dan lain sebagainnya.

Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Seni Tari di SLB N Jepara :

IMG_8989

IMG_8991