SLB Negeri Jepara (01/05/2020)- Pandemi akibat Covid 19 mulai dirasakan dampaknya diberbagai penjuru Indonesia. Mulai dari hilangnya lapangan pekerjaan dan keterbatasan ekonomi. Untuk membantu warga sekitar khususnya di wilayah SLB Negeri Jepara, Kepala SLB Negeri Jepara beserta guru dan karyawan mengadakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Adapun bakti sosiyang diberikan kepada warga antara lain, beras, minyak goreng, sirup, dan mi instant.

Sasaran yang menjadi target bakti sosial adalah janda yang tidak mampu dan sebagian warga yang kehilangan lapangan pekerjaan. Adapun paket sembako yang dibagikan sekitar 70 bungkus.

WhatsApp Image 2020-10-15 at 10.33.40(2)

WhatsApp Image 2020-10-15 at 10.33.39(1)

WhatsApp Image 2020-10-15 at 10.32.07(1)

WhatsApp Image 2020-10-15 at 10.32.06

WhatsApp Image 2020-10-15 at 10.32.07(4)

WhatsApp Image 2020-03-13 at 20.13.37

Kegiatan Workshop Pantomim dilaksanakan hari 6 – 8 Maret 2020 bertempat di SLB Negeri Jepara. Kegiatan workshop ini, diikuti oleh bebeberapa SLB di Jawa Tengah. Adapun SLB yang mengikuti kegiatan ini diantaranya, SLB PNegeri Purwosari, SLB Negeri Demak, SLBS Muria Kudus, SLB Negeri Cepu, SLBN Surakarta. . Dalam kegiatan ini para peserta dibekali ilmu tentang dasar pantomim, cara mengekspresika suasana melalui gerak, teknik makeup pantomim dan pementasan pantomim secara berkelompok. Kegiatan Workshop Pantomim dilaksanakan selama 3 hari di SLB Negeri Jepara dan diisi oleh 4 narasumber tokoh pantomim. Workshop Pantomim dibuka langsung oleh Kepala SLB Negeri Jepara, Bapak Suwandi Joko Purnomo, S.Pd., M.M. di Aula II

SLB Negeri Jepara (01/2/2020) – SLB negeri Jepara menjadi satu-satunya sekolah luar biasa yang ada di Kabupaten Jepara. Banyak prestasi yang berhasil diraih, dari tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional. Selain itu SLB Negeri Jepara menjadi Sekolah Rujukan, Sekolah Sahabat Keluarga dan sekolah yang memiliki berbagai macam keterampilan. Dari prestasi inilah, SLB sering menjadi tempat observasi mahasiswa maupun tempat study banding dari sekolah lain.

SLB Negeri Banjarnegara menjadi salah satu sekolah yang melakukan kunjungan study banding untuk mengamati  dan bertukar ilmu keterampilan yang ada di SLB Negeri Jepara. Adapun keterampilan yang ada diantarannya kriya kayu, membatik, keterampilan rotan sintetis, keterampilan sandal nama, tata boga, menjahit dan wire.Adapun guru dan karyawan yang hadir dalam kunjungan ini sebanyak 37 orang. Pada awal kunjungan, SLB Banjarnegara disambut dengan tarian daerah yang dibawakan oleh anak tunarungu .

DSCF9451

Penyambutan keluarga besar SLB Negeri Jepara kepada SLB Negeri Banjarnegara

DSCF9460

Sebelum memasuki Aula II SLB Negeri Jepara, para guru dan staff saling berjabat tangan

DSCF9465

Penampilan Tim Karawitan Abipraya (Peserta didik Tunanetra) SLB Negeri Jepara

DSCF9474

Sambutan dari Ibu Atut Yuliani, S.Pd. selaku Kepala SLB Negeri Banjarnegara

DSCF9481

Sambutan dari Kepala SLB Negeri Jepara

DSCF9485

Penyerahan kenang-kenagngan dari SLB Negeri Jepara ke SLB Negeri Banjarnegara

DSCF9498

Foto Bersama Guru dan Staf Karyawan SLB Negeri Jepara

DSCF9517

Demo Keterampilan Aksesoris Wire SLB Negeri Jepara

DSCF9505

Demo Keterampilan Kriya Kayu

DSCF9515

Demo Keterampilan Tata Boga

DSCF9532

Salah satu guru dari SLB Negeri Banjarnegara ikut mempraktekan pembuatan sandal rotan

DSCF9535

Demo keterampilan praktek sandal nama

DSCF9538

Showroom SLB Negeri Jepara

DSCF9523

Demo keterampilan praktek menjahit SLB Negeri Jepara

SLB Negeri Jepara – Pelatihan Terapi Bina Wicara menjadi salah satu program sekolah rujukan yang dilaksanakan oleh SLB Negeri Jepara. Kegiatan ini diikuti oleh guru SLB Negeri Jeapara dan 5 (lima ) sekolah inklusi yang ada di Kabupaten Jepara. 5 sekolah inklusi ini meliputi SD SEMAI, SD Negeri 1 Sowan Lor, SD Negeri 1 Kriyan, SD Negeri 05 Karanggondang, SD Negeri Jinggotan. Narasumber kegiatan ini berasal dari SLB Negeri Semarang, yaitu Ibu Sulisnuryati, S.Pd. Materi tentang penanganan anak tunarungu dilaksanakan dalam kegiatan ini. Mulai dari pengenalan anak tunarungu, deteksi dini anak tunarungu, gejala dan penyebab anak berkebutuhan khusus (tunarungu), tes audiometri, dan sharing tanya jawab kasus. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, di Aula II SLB Negeri Jepara.

IMG_7776

Peserta Pelatihan Bina Wicara Mempraktekkan Ilmu Pengetahuan Isyarat dari Narasumber

IMG_7765

Narasumber Pelatihan Bina Wicara di SLB Negeri Jepara

IMG_7786

Partisipasi Peserta Pelatihan Bina Wicara dalam mempraktekan Isyarat Sibi dan Bisindo

IMG_7850

Praktek tes audiometri untuk mendeteksi sisa pendengaran

IMG_7852

Praktek cara mendeteksi kotoran di telinga

SLB Negeri Jepara – Sekolah Rujukan merupakan sekolah yang menjadi pedoman atau acuan dari sekolah-sekolah yang berada disekitarnya. SLB Negeri Jepara menjadi sekolah rujukan pendidikan khusus dan berkewajiban untuk merangkul serta membina sekolah-sekolah inklusi yang ada disekitarnya. Program-program yang berkaitan dengan pengembangan diri, peningkatan kreativitas baik untuk siswa maupun guru. Salah satu Program yang dijalankan adalah Pelatihan Okupasi Terapi.

Pelatihan Okupasi Terapi bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam hal penanganan bina gerak, keseimbangan dan konsentrasi  Anak Berkebutuhan Khusus. Narasumber yang didatangkan adalah Ibu Meike Yortania, S.Psi. dari Lentera Hati School. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 2 hari. Peserta dari SLB Negeri Jepara, SD Negeri 1 Kriyan, SD Negeri 1 Sowan Lor, SD Negeri Adapun materi dan praktek yang diajarkan meliputi pengetahuan perkembangan pertumbuhan anak, pelatihan konsentrasi, keseimbangan dan gerak pada anak, serta sharing tentang permasalahan-permasalahan yang sering dihadapi Anak Berkebutuhan Khusus.

IMG_7652

Pemanasan sebelum kegiatan materi okupasi terapi

IMG_7670

Narasumber pelatihan okupasi terapi

IMG_7710

Praktek keseimbangan gerak merangkak

IMG_7693

Praktek konsentrasi gerak yang dilakukan oleh peserta Pelatihan Okupasi Terapi

SLB Negeri Jepara (7/11/2019) – Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya serta mendukung partisipasi anak tertuma dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawaasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan.

Tanggal 7 November 2019 menjadi hari Deklaraki Sekolah Ramah Anak di Indonesia, tak terkecuali di SLB Negeri Jepara. SLB Negeri Jepara melaksanakan berbagai macam kegiatan dalam program ini. Dari permainan tradisional daerah, Senam ABK Ceria, membawa bekal sehat, outing class membersihkan pantai, deklarasi sekolah ramah anak, menyanyikan lagu nasional, dan kegiatan bersama.

Kegiatan ini diikuti semua peserta didik, guru dan orang tua/wali murid SLB Negeri Jepara.

DSCF8231

Menyambut Peserta Didik dengan 3 S (Senyum, Salam, Sapa)

DSCF8271

Kegiatan Sarapan Bekal Sehat di Lingkungan SLB Negeri Jepara

DSCF8307

Foto Bersama Anak Tunagrahita

DSCF8351

Permainan Tradisional Layang-Layang

DSCF8340

Keceriaan Peserta Didik SLB Negeri Jepara bermain Kincir Air

DSCF8257

Deklarasi Sekolah Ramah Anak

DSCF8309

SLB Negeri Jepara () – Usaha Kegiatan Sekolah (UKS) SLB Negeri Jepara memiliki berbagai macam program kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan dan lingkungan hidup. Salah satu programnya ada “Bekal Sehat, Menu 4 Sehat 5 Sempurna” yang dibawa dari rumah. Bekal Sehat ini terdiri dari nasi (karbohidrat), ikan/telur/daging (protein), sayu mayur (zat besi), buah (vitamin) dan air mineral. Program Bekal Sehat ini sudah dilaksanakan oleh jenjang SDLB  Tunagrahita.

Mengapa dilaksanakan Program Bekal Sehat ?

Hal ini bertujuan untuk menerapkan dan membiasakan peserta didik melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.  Selain itu, pemenuhan gizi seimbang dan minimalisasi jajanan tidak sehat menjadi alasan pendukung mengapa program ini diadakan. Orang tua/wali murid juga dilibatkan dalam hal ini untuk membuatkan bekal siang setiap hari.

_DSF0485

 Kegiatan Bekal Sehat SLB Negeri Jepara di Kelas SDLB Tunagrahita

_DSF0512

Potret saat peserta didik Tunagrahita menyantap Bekal Sehat yang dibawakan orang tua dari rumah

_DSF0502

Salah satu peserta didik putri menghabiskan bekal sehat yang dibawanya.

_DSF0494

Melatih Kemandirian, menjadi salah satu tjuan dari program Bekal Sehat

 

SLB Negeri Jepara (22/6/2019) – Halal Bi halal Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan dalam rangka mnemperingati Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Kegiatan halal bi halal dilaksanakan di Aula II SLB Negeri Jepara. Adapun sekolah yang mengikuti acara ini antara lain SLB Negeri Jepara, SLB-B YASPENLUB Demak, dan SLB-C YASPENLUB C Demak. Turut hadir Ibu Dr. Ernest Ceti Septyanti selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah yang meberikan sambutan kepada guru dan karyawan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Ibu Ernest berpesan untuk saling menjaga silaturahmi antar sesama, meningkatkan dan mempertahankan prestasi yang telah diraih oleh masing-masing sekolah.

Pentas Seni dan hiburan yang ditampilkan dalam acara ini. Seperti tari gambyong, seni musik, penampilan lagu bahasa isyarat dari peserta didik tunarungu SLB Negeri Jepara. Acara ini ditutup dengan kegiatan ramah tamah saling berjabat tangan antara satu sama lain.

IMG_6382

Penampilan Jody Ferdiansyah, salah satu peserta didik tunanetra saat melantukan ayat suci Al-Qur’an

IMG_6378

Guru, karyawan SLB Negeri Jepara, SLB-B YASPENLUB Demak, SLB-C YASPENLUB Demak dan tamu undangan saat menyanyikan Lagu Indonesia Raya

IMG_6407

Sambutan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah

IMG_6389

Penampilan Tari Gambyong dari peserta didik Tunarungu SLB Negeri Jepara

IMG_6416

Acara ramah tamah dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Provinsi Jawa Tengah, Pengawas PLB dan Ketua MKKS beserta jajaran guru dan karyawan.

IMG_6422

Foto Bersama Guru dan Karyawan SLB Negeri Jepara

SLB Negeri Jepara (17 Juni 2019)- SLB Negeri Jepara mengadakan Wisuda dan Ulang Tahun SLB Negeri Jepara di halaman sekolah. Ada sebanyak 62 peserta didik yang diwisuda, terdiri dari jenjang SDLB, SMPLB dan SMALB. Pengalungan samir diberikan langsung oleh Bapak Suwandi Joko Purnomo, S.Pd., M.M. selaku Kepala Sekolah SLB Negeri Jepara, sedangkan untuk penyerahan SKHUN diserahkan langsung oleh Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan yaitu Ibu Tri Rahayu Suwartini, S.Pd.

Dalam acara ini SLB Negeri Jepara turut mengundang instansi yang memiliki kerjasama dengan sekolah untuk ikut serta hadir dan menyaksikan prosesi wisuda. Adapun instansi yang hadir dalam acara ini diantarannya perwakilan POLRES Kabupaten Jepara, Dinas Sosial Kabupaten Jepara, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Jepara, Dinas Sosial Kabupaten Jepara, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara, dan Petinggi Desa Senenan, PHRI Kabupaten Jepara. Selain itu, perusahaan dan industri yang bekerjasama dengan SLB Negeri Jepara turut hadir dalam kesempatan ini yaitu LPK Gading Jepara, Omah Ijo Jepara dan Armina Difa.

Banyak pentas seni yang disuguhkan dalam acara wisuda dan ulan tahun ini, seperti Tari Gambyong, Penampilan dari Rebana Al-HANIF, Penampilan dari Tim Karawitan Padma Laras SLB Negeri Jepara, Dance dan tari dari peserta didik Tunagrahita.

IMG_6272

Wisudawa dan Wisudawati SLB Negeri Jepara

IMG_6317

Tamu Undangan dari instansi terkait yang bekerjasama dengan SLB Negeri Jepara

  IMG_6291

Penampilan Tim Karawitan Padma Laras di Wisuda dan Ulang Tahun SLB Negeri Jepara ke XII

IMG_6267

Penampilan Rebana AL-HANIF pada saat Pra Acara Wisuda

WhatsApp Image 2019-07-25 at 09.06.02 (1)

Pengalungan Samir pada saat proses wisuda

 

Jepara – Setelah melalui babak seleksi Lomba PKLK di Tingkat Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, para juara bertanding kembali di Seleksi Lomba PKLK Tingkat Group A Provinsi Jawa Tengah. Group A ini sendiri terdiri dari SLB Negeri maupun SLB Swasta di wilayah Kabupaten Semarang.

Adapun cabang lomba yang dipertandingkan sama dengan yang dipertandingkan di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II. SLB Negeri Jepara dalam seleksi kali ini berhasil meraih juara pada cabang keterampilan Kriya Kayu, Kreasi Barang Bekas, Hantaran, IT, Menari, ABK Berseri dan Literasi.

Selanjutnya, para juara yang terpilih di tingkat Group A akan maju untuk bertanding di Tingkat Provinsi Jawa Tengah

IMG_5712

Suasana Lomba IT dan Desain Grafis di Tingkat Group A Provinsi Jawa Tengah

IMG_5734

Lomba Kriya Kayu yang dilaksanakan di ruang keterampilan SLB Negeri Jepara

IMG_5722

Lomba Tata Boga yang dilaksanakan di ruang keterampilan SLB Negeri Jepara

IMG_5738

Kegiatan Lomba Hantaran di Tingkat Group A Provinsi Jawa Tengah

IMG_5749

Lomba Membatik yang dilaksanakan di Aula II SLB Negeri Jepara

IMG_5748

Lomba Kreasi Barang Bekas

IMG_5753

Kasi SMA dan SLB Bapak Drs. Sugeng Alal ketika sedang meninjau situasi lomba

IMG_5846

Kegiatan Lomba Pantomim