IMG20151021094835      Jepara- Lomba kegiatan MAPSI yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya, pada tahun ini diadakan di SLB N Jepara. Kegiatan lomba ini berlangsung pada hari Rabu, 21 Oktober 2015. Seluruh Sekolah Dasar Negeri yang ada di Jepara ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

    Persiapan pada puncak acara telah dilaksanakan sebelumnya. Acara lomba MAPSI ini dibuka dengan berbagai hiburan yang ditampilkan oleh para pegawai dan guru SLB N Jepara. Pembukaan lomba yang diadakan dilapangan dibuka dengan suguhan paduan suara yang menampilkan 2 buah lagu religi yang berjudul Dengan Menyebut Nama Allah dan Tombo Ati. Selanjutnya, adalah lagu Tuhan yang dinyanyikan oleh guru SLB N Jepara. Serta hiburan untuk pembukaan yang terakhir adalah pentas rebana yang dikombinasikan dengan gamelan Jawa, lagu yang dibawakan adalah Lir-Ilir dan Sholawat.

     Dilingkungan SLB N Jepara, berbagai macam lomba mulai dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Dengan didampingi oleh para guru dari sekolah masing-masing, para siswa dan siswi antusias mengikuti jalannya perlombaan. Adapun lomba yang diikuti adalah sebagai berikut :
1. Lomba Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi Islami  Putra dan Putri
2. Lomba Cerdas Cermat Terpadu PAI dan Umum untuk Putra dan Putri
3. Lomba Seni Macapat Islami untuk Putra dan Putri
4. Lomba Kewirausahaan Islami untuk Putra dan Putri
5. Lomba Seni Tilawatil Qur’an dan Hifzil Qur’an untuk Putra dan Putri
6. Lomba Kaligrafi untuk Putra dan Putri
7. Lomba Seni Tari dan Rebana untuk Putra dan Putri

       Dalam lomba ini, setiap sekolah menampilkan keunggulan dari para siswa-siswinya masing-masing. Dan kegiatan lomba dapat berjalan lancar hingga akhir acara dan selesai sekitar pukul 16.00 WIB

Antusiasme Guru dan Siswa dengan Stand Pameran Hasil Karya Anak SLB

Acara MAPSI yang diadakan di SLB N Jepara menjadi sebuah ajang berkumpulnya semua Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kabupaten Jepara. Setiap sekolah dasar antusias dalam mengikuti proses perlombaan dari awal hingga akhir.

Selain antusias untuk mengikuti perlombaan yang diadakan, antusiasme para guru, karyawan dan siswa- siswi Sekolah Dasar terlihat saat mengunjungi Stand Pameran yang menyuguhkan hasil karya keterampilan Sekolah Luar Biasa Negeri Jepara dari Tuna Grahita, Tuna Wicara dan Tuna Rungu.

Berbagai Macam Hasil Keterampilan Anak Tuna Wicara, Tuna Rungu dan Tuna Grahita dipamerkan…

Stand Pameran Hasil Karya Anak SLB Jepara berisi dengan berbagai macam produk unik dan menarik. Dari aksesoris yang cantik hingga kain batik. Pernak-pernik aksesoris hasil karya anak tuna rungu dan wicara ini terdiri dari bross kerudung berbahan dasar kain brokat dan satin, bando, gelang, cincin, dan kalung yang terbuat dari bahan kawat tembaga. Atau lebih spesifiknya adalah seni Wire. Sedangkan untuk hasil karya anak Tuna Grahita yang dipamerkan dalam acara MAPSI diantaranya adalah pot bunga dari botol, kerajinan bunga berbahan dasar plastik dan kain batik.

Banyak dari guru, karyawan atau siswa yang mengikuti lomba berpartisipasi dalam pembelian produk kerajinan dan ketrampilan yang dipamerkan. Antusiasme dan partisipasinya dapat dilihat dalam gambar berikut :

1) Antusiasme para pengunjung Stand Pameran dalam memilih produk

IMG20151021090420

IMG20151021090551

2) Produk hasil karya keterampilan yang di pamerkan di Acara MAPSI 2015

IMG20151021090500

IMG20151020094444

Seni Aplikasi Wire, Salah satu Keunggulan SLB N Jepara..

20140923_095234SLB N Jepara, keterampilan menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh para siswa-siswi SMP hingga SMA pada hari Senin hingga Kamis. Mata pelajaran keterampilan yang berbasis praktek untuk menghasilkan barang jadi ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dalam menghasilkan karya. Selain itu, keterampilan yang diajarkan di SLB N Jepara diharapkan dapat menjadi bekal bagi para siswa setelah lulus nanti.

Salah satu jenis keterampilan yang telah dihasilkan oleh siswa-siswi SMP dan SMA (tuna rungu dan tuna wicara ) adalah Seni Aplikasi Wire yang diterapkan dalam pembuatan berbagai macam aksesoris cantik dan menarik. Aplikasi Wire merupakan salah satu aplikasi handmade yang menggabungkan beberapa macam kawat tembaga dengan jenis dan ukuran yang berbeda. Kawat yang telah dirakit ini nantinya dilengkapi dengan bahan pendukung lainnya seperti manik-manik, batu akrilik, mutiara air tawar, batu resin, batu alam, mutiara sintetis dan lain sebagainya.

Nilai Seni dan Nilai Jual yang tinggi dari hasil Seni Aplikasi Wire..

Kreatifitas yang dihasilkan dari aplikasi Wire ini pun beranekaragam dan dapat mengikuti tren yang ada saat ini. Misalnya saat ini banyak pecinta batu akik yang mengaplikasikan bebatuan alam tersebut sebagai pelengkap aksesoris cincin tersebut dengan menggunakan seni Wire. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa berbagai macam kreatifitas dapat dihasilkan dari Seni Aplikasi Wire yang menarik dan mempunyai nilai seni serta nilai jual yang sangat tinggi.

Melalui seni aplikasi Wire yang memiliki tingkat kerumitan pembuatan cukup tinggi ini, siswi dapat mengasah kreatifitas secara maksimal, baik dari segi keunikan aksesoris Wire yang dibuat maupun dari nilai estetika yang dihasilkan. Hasil kreatifitas siswi SLB N Jepara ini terbukti dengan berhasilnya menjadi Juara 1 dalam Lomba Keterampilan Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2014

Berikut ini adalah beberapa contok hasilkarya siswi dalam seni aplikasi Wire :
1. Penerapan Seni Wire pada Aksesoris Bross

2. Penerapan Seni Wire pada Aksesoris Cincin

3. Penerapan Seni Wire pada Aksesoris Gelang dan Kalung

Beberapa contoh aksesoris diatas merupakan sebuah pembuktian kreatifitas para siswi dalam salah satu bidang keterampilan yaitu Seni Aplikasi Wire.

Redaktur : Hidayah Wulandari, S.,E.